-->
6/Tutorial/slider

Meletakkan Arsip Wordpress dalam Scroll

No comments
Arsip merupakan sesuatu yang cukup penting menurut saya. Dengan adanya arsip kita bisa melihat postingan – postingan kita yang sudah lama misalnya.. Arsip yang dimaksudkan disini adalah seperti yang ada di sidebar-footer kanan blog ini. Semakin kita sering posting tentu semakin banyak arsipnya.

Contoh di blog ini agar arsipnya tidak terus panjang ke bawah, maka disini saya akan memberikan tips untuk meletakkan arsip yang perbulanan itu ke dalam scroll. Tapi cara ini hanya untuk wordpress self-hosted.

1. Pasang plugin exec-php. Download disini

2. Jika sudah, aktifkan plugin tersebut.

3. Setelah aktif masuk ke bagian widget.

4. Tambahkan widget text dan isi dengan script berikut:
<div style="height:300px;width:275px;border:none; overflow:auto; margin-left:-30px;">
<ul>
<?php wp_get_archives('show_post_count=true'); ?>
</ul>
</div>

Script get archives di atas akan menampilkan nama bulan dan jumlah posting yg ada di bulan tersebut. Untuk opsi selengkapnya bisa dilihat disini. Width dan Height untuk scroll juga bisa diatur sesuai keinginan sendiri.

5. Selesai.. Arsip blog sudah berada dalam scroll

Jika ada yg tidak mau menginstalkan plugin exec-php. Masih ada cara yaitu langsung masukan script wp_get_archive di atas ke sidebar.php yang ada di theme kamu.

Mudah"an artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

An ENTJ Person. A software engineer, experienced in web development, especially in Java. The best graduate of engineering field of Bandung State Polytechnic. Self-motivated and adaptable person. Highly passionate about IT stuff. A fast learner, always curious and loves to learn something new. Has a strong logical and analytical thinking. [Faris Arifiansyah] (https://lh4.googleusercontent.com/9-OcR6PfTb9wECGLmzP0uzrFor9GiXdbMHRt_eXiIh9D_kdopGPGDogIuhWVlCaeBfGONpDMz54MuZHfm98s=w1920-h925)